Skip to main content

Panduan Umat Islam dalam menjalankan tuntunan ibadah sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah.

Cara Input Data Siswa Pindahan Dari Luar Negeri Di Dapodik

Edukasi Mushab, Cara tambah peserta didik pindahan dari luar negeri ke dalam aplikasi dapodik serta prosedur pindah sekolah dari luar negeri bagi warga negara Indonesia (WNI).

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi seputar penginputan data peserta didik kedalam aplikasi dapodik.

Jika pada postingan sebelumnya saya telah banyak membahas seputar pengisian data kedalam aplikasi dapodik baik itu untuk data guru maupun peserta didik mulai dari penambahan peserta didik baru kedalam aplikasi dapodik maupun penambahan siswa pindahan kedalam aplikasi dapodik. Jika siswa yang akan di tambahkan maupun siswa yang akan di Tarik adalah siswa yang berasal dari wilayah Indonesia maka hal itu mungkin akan mudah saja dilakukan namun bagaimana jika siswa yang akan di tambahkan atau di Tarik adalah siswa atau peserta didik yang berasal dari luar negeri.

Hal ini pernah saya alami sehingga saya menjadi bingung untuk bisa menambahkan atau menginput data siswa pindahan yang berasal dari luar negeri. Oleh sebab itulah saya membuat postingan ini agar bisa menjadi referensi bagi para operator dapodik sekolah yang mungkin juga pernah mengalami kasus yang sama dengan apa yang saya alami.

Seperti kita ketahui bahwa aturan yang di terapkan di sekolah yang ada di luar negeri tentunya akan berbeda dengan sekolah yang ada di wolayah Indonesia sehingga perbedaan itulah yang terkadang membuat kita susah untuk bisa melakukan penambahan data siswa pindahan dari luar negeri kedalam aplikasi dapodik.

Hal yang sangat berbeda dapat kita ketahui pada jenis ijazah yang mana ijazah siswa di luar negeri berbeda dengan yang ada diindonesia kemudian nomor induk siswa nasional juga tidak di miliki oleh peserta didik yang berasal dari luar negeri sehingga operator dapodik sebelum memasukkan data siswa pindahan dari luar negeri maka harus bisa memahami hal -hal apa saja yang harus di persiapkan oleh calon peserta didik pindahan dari luar negeri agar bisa di terima dan diinput datanya kedalam aplikasi dapodik.

Berikut ini prosedur pindah sekolah dari luar negeri bagi warga negara Indonesia, yang sangat penting untuk di ketahui oleh satuan Pendidikan khususnya oleh para operator dapodik sekolah ketika akan menerimakan siswa pindahan dari luar negeri.

Pejelasan mengenai prosedur pindah sekolah dari luar negeri bagi warga negara Indonesia (WNI) ini saya dapatkan dari sumber Indonesia.go.id yang sekiranya akan bermanfaat bagi satuan Pendidikan untuk mengetahuinya.

Terkadang, ada situasi yang membuat seseorang yang sebelumnya bersekolah di luar negeri, harus kembali ke Indonesia. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana prosedurnya.

Ada dua hal yang perlu diketahui, yaitu:

  • Prosedur penyetaraan ijazah dan penyaluran siswa
  • Pengurusan nomor induk siswa nasional

1. Penyetaraan Ijazah (PI) dan Penyaluran Siswa (PS)

  • Layanan Penyetaraan Ijazah (PI) adalah layanan penilaian kesetaraan terhadap dokumen hasil belajar (ijazah/diploma/sertifikat/transkrip nilai/rapor) yang dikeluarkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan luar negeri/dalam negeri yang tidak menganut kurikulum pendidikan nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

PI diperlukan sebagai pengganti ijazah (Ijazah SD, SMP atau SMA) jika yang bersangkutan tidak memiliki dikarenakan perbedaan kurikulum.

  • Layanan Penyaluran Siswa (PS) adalah layanan penilaian untuk penyaluran siswa yang belajar di luar negeri atau yang belajar di luar kurikulum nasional Indonesia dan akan mengikuti kurikulum nasional.

PS diperlukan untuk mengetahui siswa akan dimasukkan ke tingkat pendidikan yang sesuai di kurikulum nasional. PS diperlukan bagi semua siswa pindahan, termasuk siswa pindahan di tingkat SD meskipun yang bersangkutan tidak memerlukan PI.

Kedua layanan tersebut kini dapat dilakukan secara daring melalui tautan: http://e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id/elayanan/.

A. Persyaratan Pelayanan PI

Mengisi formulir permohonan pelayanan secara daring

Melampirkan dokumen persyaratan antara lain :

1. Pasfoto pemohon ukuran 4×6

2. Paspor

3. Surat keterangan dari Perwakilan RI setempat dan/atau Perwakilan Negara Asing di Indonesia/surat keterangan dari sekolah asal

4. Ijazah/Diploma/Sertifikat (apabila penyelenggara pendidikan mengeluarkan ijazah)

5. Transkrip nilai

6. Struktur Program Kurikulum. Dokumen ini tidak diperlukan apabila penyelenggara pendidikan (sekolah asal) menyediakan dokumen ini di situs resminya

7. Akta kelahiran/surat kenal lahir

8. Raport kelas 1,2 dan 3 (SMP/SMA/SMK) dan scan raport 3 tahun terakhir (SD).

B. Prosedur PI

1. Pemohon mendaftar layanan penyetaraan ijazah secara daring melalui tautan http://e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id/elayanan/

2. Subbagian Kerja Sama dan Humas memverifikasi dan memproses formulir pemohon dan kelengkapannya (Pemohon yang melakukan pendaftaran secara daring wajib datang untuk memverifikasi scan dokumen persyaratan yang dilampirkan secara daring dengan dokumen asli)

3. Tim Penilai melakukan verifikasi formulir pendaftaran dan dokumen kelengkapannya, memberikan penilaian dan persetujuan

4. Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas menyetujui dan menyiapkan konsep surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri

5. Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana dan Kerja Sama menelaah dan menyetujui/memaraf konsep surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri

6. Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen menandatangani konsep surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri

7. ULT (Unit Layanan Terpadu) menerima dan menyerahkan surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri

8. Pemohon menerima surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri

9. Fotokopi paspor

10. Fotokopi surat keterangan dari Perwakilan RI setempat dan/atau Perwakilan Negara Asing di Indonesia/ Fotokopi surat keterangan dari sekolah asal

11. Fotokopi Ijazah/Diploma/Sertifikat. Untuk ijazah/ diploma/sertifikat yang menggunakan bahasa asing selain bahasa Inggris, agar diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah

12. Fotokopi Transkrip Nilai. Untuk transkrip yang menggunakan bahasa asing selain bahasa Inggris, agar diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah

13. Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir dan/atau Kartu Keluarga

14. Fotokopi rapor kelas 1, 2, dan, 3 jenjang SMA/SMK/sederajat. Untuk rapor yang menggunakan bahasa asing selain bahasa Inggris, agar diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah.

Catatan layanan PI:

  • Jangka waktu penyelesaian: 5 hari kerja sejak dokumen lengkap
  • Biaya /tarif: Tidak dipungut biaya
  • Produk layanan: Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

C. Persyaratan Pelayanan PS

Mengisi formulir permohonan secara daring melalui tautan http://e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id/elayanan/

Melampirkan dokumen persyaratan antara lain :

1. Paspor dan Akte Lahir

2. Surat keterangan pindah dari sekolah asal atau sekolah sebelumnya

3. Surat keterangan dari Perwakilan RI setempat (KBRI) dan

4.   Transkrip Nilai/ Rapor kelas terakhir.

D. Prosedur PS

1. Pemohon mendaftar layanan penyaluran siswa secara daring melalui tautan http://e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id/elayanan/

2. Subbagian Kerja Sama dan Humas memverifikasi dan memproses formulir pemohon dan kelengkapannya (Pemohon yang melakukan pendaftaran secara daring wajib datang untuk memverifikasi scan dokumen persyaratan yang dilampirkan secara daring dengan dokumen asli)

3. Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas menyetujui/memaraf konsep surat rekomendasi penyaluran siswa

4. Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana dan Kerja Sama menelaah dan menyetujui/memaraf konsep surat rekomendasi penyaluran siswa

5. Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen menandatangani surat rekomendasi penyaluran siswa, kemudian mengirimkan ke Pemohon atau melalui ULT

6.   Pemohon menerima surat rekomendasi penyaluran siswa.

7. ULT menerima dan menyerahkan surat rekomendasi penyaluran siswa

Catatan layanan PS:

  • Jangka waktu penyelesaian: 5 hari kerja
  • Biaya /tarif: Tidak dipungut biaya
  • Produk layanan: Surat rekomendasi penyaluran siswa luar negeri atau siswa dari sekolah SPK

2. Pengurusan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jika siswa pindahan dari luar negeri yang belum memiliki NISN, diwajibkan untuk mendaftarkan yang akan diperlukan untuk pengurusan nomor Ujian Sekolah.

Langkah-langkah mendapatkan NISN untuk SD dan SMP :

1. Melakukan pengecekan di laman: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

2. Orang tua murid menanyakan langsung sekolah, operator sekolah yang memiliki akses ke sistem NISN dan memastikan data siswa sudah dimasukkan dalam sistem.

3. NISN akan dibuat secara otomatis dalam sistem.

Langkah-langkah mendapatkan NISN untuk SMA :

1. Melakukan pengecekan secara online di laman: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

2. Menghubungi pihak PDSP dengan mengirim email ke alamat pdsp@kemdikbud.go.id dengan subject: Pengajuan NISN Baru untuk siswa kelas 12

3. Mengisi formulir pengajuan NISN baru untuk kelas 12 secara lengkap, dengan format Excel sesuai yang disarankan oleh operator

4. Mengirim formulir tersebut ke pdsp dan melakukan pengecekan secara berkala, menanyakan status ke email pdsp@kemdikbud.go.id secara berkala.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. NISN dapat diakses/dilihat di laman: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

2. Tidak semua sekolah memerlukan bantuan orang tua murid untuk mencari NISN, karena pengajuan NISN secara normal sudah dilakukan oleh sekolah

3. Untuk kasus tertentu, pengurusan oleh sekolah memakan waktu yang cukup lama dan terkadang tidak berhasil. Disarankan mengurus sendiri dengan secara aktif berkomunikasi dengan pdsp@kemdikbud.go.id dan dalam waktu 2 minggu NISN baru sudah tersedia dan tidak ada biaya sama sekali.

4. Untuk tingkat SD dan SMP, hanya dengan bantuan operator sekolah data siswa dapat dimasukkan ke dalam sistem. PDSP akan membantu memasukkan data untuk siswa kelas 12.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi setiap satuan Pendidikan yang akan menerimakan siswa pindahan yang berasal dari luar negeri sehingga nantinya sekolah dapat memasukkan data siswa pindahan tersebut dengan baik dan tentunya sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.

Bagi para operator dapodik sekolah juga agar kiranya bisa membaca dan memahami akan hal ini sehingga ketika nantinya ada siswa pindahan yang berasal dari luar negeri juga sudah mengetahui apa- apa saja yang harus di persiapkan oleh siswa yang bersangkutan sehingga datanya bisa diinpukan di dalam aplikasi dapodik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar