Skip to main content

Panduan Umat Islam dalam menjalankan tuntunan ibadah sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah.

Ziarah Masjid Quba Bagian 04

Silsilah Ilmiyyah Ziaroh kota Madinah tentang Ziarah Masjid Quba Bagian 04.

🕌 Di antara hal yang berkaitan dengan Masjid Quba bahwa Sholat di perluasan Masjid Quba mendapatkan pahala umroh sebagaimana Apabila seseorang salat di masjid yang asli.

🕌 Kemudian diantara hal yang perlu diketahui bahwa Masjid Quba meskipun dia memiliki keutamaan namun Masjid Nabawi lebih utama daripada Masjid Quba dengan kesepakatan para ulama.

Berkata Ibnu Abdil Barr :

“Sholat di Masjidil Haram atau Masjid Nabi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam atau Masjid Baitil Maqdis lebih afdol daripada sholat di Masjid Quba dengan kesepakatan para ulama” (kitab Al Istikhar jilid yang ke-5 halaman 168)

🔖 Oleh karena itu tidak dianjurkan setiap hari Selama di kota Madinah berziarah ke kuba tetapi cukup sekali sepekan sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Sisa waktunya di gunakan untuk memperbanyak sholat di masjid Nabawi.

🔖 Dan yang perlu diketahui bahwa tempat menderum nya Onta Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang dia menderum karena perintah Allah adalah di Masjid Nabawi dan bukan di Masjid Quba sebagaimana angapan sebagian orang.

🔖 Hal ini dijelaskan di dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh Al-imam Al-bukhari di dalam shahihnya bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tinggal di Bani Amar Ibnu Auf lebih lebih dari 10 hari dan membuat pondasi Masjid Quba Kemudian beliau Sholat di dalamnya Kemudian beliau menaiki onta beliau berjalan menuju kota Madinah sehinga menderung onta beliau Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di tempat Masjid beliau Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di kota Al Madinah

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar