Skip to main content

Panduan Umat Islam dalam menjalankan tuntunan ibadah sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah.

Ziarah Masjid Nabawi Bagian 04

Silsilah Ziaroh Madinah tentang Ziarah Masjid Nabawi Bagian 04.

Disana ada beberapa permasalahan yang berkaitan pahala lebih dari 1000x lipat bagi orang yang shalat di masjid nabawi :

1⃣. Pahala lebih dari 1000x lipat ini didapatkan seseorang baik yang shalat di masjid nabawi yang asli yang ada di zaman Rasulullah shallahu alaihi wassalam maupun perluasan masjid nabawi yang di bangun setelah beliau rasulullah meninggal dunia.

➡ Diantara alasannya masjid nabawi telah di perluas di zaman Umar bin khattab ke 3 arah : Selatan atau arah kiblat, Barat dan arah utara. seandainya perluasan masjid ini tidak berpahala lebih dari 1000x lipat, niscaya umar tidak akan memperluas ke arah selatan karena di arah selatan ada imam dan shaf yang pertama.

2⃣. Keutamaan lebih dari 1000x lipat ini didapatkan seseorang yang shalat Fardhu maupun shalat sunnah. karena nabi Rasulullah shallahu alaihi wassalam bersabda :

وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

“Sholat sekali di masjid ku ini lebi baik dari pada 1000x shalat di masjid yang lain kecuali masjidil haram” (HR Bukhari dan Muslim)

➡ Ucapan beliau sholatun adalah mutlak mencakup sholat fardhu dan sunnah.

3⃣. Keutamaan lebih dari 1000x lipat ini didapatkan seseorang yang shalat di halaman masjid nabawi dengan kondisi yang sekarang dimana halaman masjid nabawi sekarang langsung menyambung dengan masjid dan disana ada pagar yang mengelilingi halaman masjid nabawi

4⃣. shalatnya seorang wanita di rumah lebih besar pahalanya daripada sholat dia di masjid nabawi, karena dahulu istri-istri Nabi Rasulullah shallahu alaihi wassalam lebih banyak sholat di rumahnya dari pada sholat di masjid nabawi, namun bila wanita tersebut ingin sholat di masjid maka jangan di larang,

karena Nabi Rasulullah shallahu alaihi wassalam bersabda :

” Jaganlah kalian melarang hamba-hamba allah yang wanita dari masjid-masjid Allah” (HR Bukhari dan Muslim)

5⃣. Shalat sunnah di rumah lebih besar pahalanya di banding shalat sunnah di masjid nabawi, karena keumuman hadist :

“Maka sesunguhnya sebaik baik shalat bagi seseorang adalah di rumahnya kecuali sholat yang wajib”

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar