Skip to main content

Panduan Umat Islam dalam menjalankan tuntunan ibadah sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah.

Berziarah Ke Makam Rasulullah, Abu Bakar Dan Umar Bagian 3

Silsilah Ilmiyyah Ziarah kota Madinah  Berziarah Ke Makam Rasulullah shallallahu alayhi wa sallam, Abu Bakar Dan Umar semoga Alloh meridhoi keduanya.

Diantara hal yang perlu di perhatikan bagi seseorang yang berziarah ke makam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan dua orang sahabatnya :

3⃣. Dilarang seseorang menyakiti sesama muslim ketika berziarah ke makam Rasulullah dan 2 orang sahabatnya.

4⃣. Dilarang seseorang mengangkat suaranya di dalam mengucapkan salam.

Allah subhanahu wa ta’ala Berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَرْفَعُوا أَصْوَاتَكُمْ فَوْقَ صَوْتِ النَّبِيِّ وَلَا تَجْهَرُوا لَهُ بِالْقَوْلِ كَجَهْرِ بَعْضِكُمْ لِبَعْضٍ أَنْ تَحْبَطَ أَعْمَالُكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تَشْعُرُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman janganlah kalian mengangkat suara-suara kalian diatas suara Nabi dan janganlah kalian mengeraskan perkataan kalian kepada beliau seperti sebagian kalian mengeraskan suaranya bagi sebagian yang lain karena di kawatirkan akan gugur amalan-amalan kalian sedangkan kalian tidak menyadarinya. (Surat Al Hujurat : 2)

5⃣. Seseorang yang ingin berziarah maka mendatangi kuburan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan 2 orang sahabatnya dari arah depan kemudian mengadap kearah kuburan dan mengatakan :

Assalamualaika Ya Rasulullah, Assalamualaika Ya Aba Bakrin, Assalamualaika Ya Umar atau ucapan yang semisalnya.

6⃣. Apabila sudah selesai mengucapkan salam maka bersegera meningalkan tempat tersebut dan tidak berlama-lama disana

7⃣. Apabila ingin mendoakan kebaikan untuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Abu Bakar dan Umar maka menghadap kearah Kiblat dan tidak menghadap kearah Kuburan

8⃣. Dilarang menjadikan ziarah ke Makam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Abu Bakar dan Umar Sebagai tujuan utama ketika berziarah ke Kota Madinah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar