Skip to main content

Panduan Umat Islam dalam menjalankan tuntunan ibadah sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah.

Kota Madinah Sebelum Hijrahnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam​​

Silsilah Ziaroh Madinah tentang Kota Madinah Sebelum Hijrahnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam​.

✅ Kota madinah adalah termasuk kota yang lama kurang lebih 1500 tahun Sebelum Hijrahnya Nabi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam​. kota ini sudah di huni oleh manusia, ✅ diantara yang tinggal di Kota madinah adalah 3 kabilah besar orang-orang yahudi, mereka adalah :

📕 Bani Quraizhah,

📕 Bani Nadhir dan

📕 Bani Qainuqa

✅ Dan diantara yang tinggal di Kota madinah adalah orang-orang musrikin dari 2 kabilah yang besar : 📕 Al-Aus dan 📕 Al-Khazraj. Yang datang dari Yaman setelah hancurnya bendungan ma’rib, 2 kabilah ini saling berperang selama kurang lebih 120 tahun.

➡ Al-Aus dibantu oleh Bani Nadhir dan Bani Quraizhah

➡ Dan Al-Khazraj di bantu oleh Bani Qainuqa

Dan tidak berhenti peperangan di antara 2 kabilah ini

sampai datang agama islam, dahulu kota ini dikenal dengan nama Yasrib.

Allah berfirman :

“Dan ketika sekelompok dari mereka yaitu orang-orang munafikin berkata wahai penduduk yastrib tidak ada tempat bagi kalian disini maka kembalilah kalian” (Surat Al-Ahzab : 13)

✅ Orang-orang munafikin ingin mengembosi orang-orang yang beriman penduduk madinah dalam Perang Khandaq yang terjadi pada tahun 5 Hijriah.

✅ Di dalam ayat ini Allah mengambarkan bahwa sebagian orang-orang munafikin ingin mengembosi orang-orang yang beriman penduduk madinah dalam Perang Khandaq yang terjadi pada tahun 5 hijriah.

✅ Setelah Nabi berhijrah maka bergantilah nama yasrib menjadi Al-Madinah.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam​​ bersabda :

“Aku di perintahkan untuk berhijrah kesebuah daerah yang akan memakan daerah-daerah yang lain, mereka menamakan yatrib dan ia adalah Al-Madinah” (HR Bukhari dan Muslim)

Didalam kitab-kitab yang lama di sebutkan dengan nama :

✅ Al Madinah atau

✅ Madinatun Nabi atau

✅ Madinatun Rasul atau

✅ Madinatun Rasulullah atau

✅ Almadinah An Nabawiyah

➡ Adapun sekarang maka lebih dikenal dengan Al Madinah Al Munawaroh

Ada yang mengatakan sebabnya adalah karena Madinah menjadi terang benderang dengan ajaran islam setelah masuknya Agama Islam di kota ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar