Skip to main content

Panduan Umat Islam dalam menjalankan tuntunan ibadah sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah.

Pengertian, Keutamaan Dan Beberapa Hikmah Haji

📌 Al-Hajju dalam bahasa arab artinya adalah Al-Qosdu, yaitu maksud.

📌 Pengertian Haji secara istilah adalah bermaksud ke Baitullah dengan melakukan amalan-amalan khusus di waktu yang khusus.

Amalan-amalan khusus seperti :

☪ Niat

☪ Tawaf

☪ Sa’i

☪ Wukuf

☪ Dan lain-lain.

📌 Di Waktu yang khusus yaitu di bulan-bulan haji (yaitu) bulan Syawal, Dzulqo’dah, dan 10 hari yang pertama di bulan Dzulhijjah.

Haji merupakan salah satu rukun islam. Rasulullah salallahu alaihi wa salam bersabda di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al Imam Al Bukhori dan juga Muslim.

بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامُ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَحَجُّ الْبَيْتِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ.

“Islam dibangun di atas lima perkara : Syahadat bahwasannya tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwasannya Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan Shalat, membayar Zakat, melakukan Ibadah Haji dan berpuasa di Bulan Ramadhan.” (HR. Bukhori – Muslim)

📌 Dan haji yang mabrur adalah termasuk sebaik-baik amalan.

Di dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Al Imam Bukhari dan juga Muslim.

“Dari Abu Hurairah, beliau mengatakan :

Rosulullah salallahu alaihi wa salam ditanya, amalan apakah yang paling afdol, beliau menjawab Beriman kepada Allah dan Rosul Nya. Kemudian ditanya kembali kemudian apa, beliau menjawab Kemudian berjihad di jalan Allah. Kemudian Beliau ditanya kemudian apa, beliau mengatakan kemudian Haji yang mabrur” (HR. Bukhori – Muslim)

Allah menjadikan di dalam haji, hikmah-hikmah yang banyak diantaranya :

1⃣ Haji merupakan musim untuk mendapatkan pahala yang besar dan ampunan dosa

2⃣ Haji adalah perwujudan ukhuwah islamiyah dan usaha saling mengenal satu dengan yang lain kaum muslimin dengan asal, warna kulit, bahasa, suku yang berbeda, datang di satu tempat dengan tujuan yang satu yaitu menyembah Tuhan yang satu.

3⃣ Haji merupakan madrasah iman dan beramal soleh karena seorang jamaah haji di dalam musim haji akan terbiasa melakukan amal shaleh, bersabar, mengingat hari akhir ketika manusia dikumpulkan, dan juga mengingat bahwa dunia hanya sementara.

4⃣ Haji juga merupakan musim untuk mendapatkan rezeki dunia bagi banyak orang.

5⃣ Haji adalah kesempatan untuk menimba ilmu dan mengajarkan ilmu kepada orang lain dan untuk berbuat baik kepada sesama.

6⃣ Kemudian, disana ada hikmah-hikmah yang lain dan manfaat-manfaat yang lain.

Dan Allah subhanahu wa taala berfirman :

وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوْكَ رِجَالاً وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِيْنَ مِنْ كُلِّ فَجِّ عَمِيْقٍ. لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ

“Hendaklah engkau seru manusia untuk melakukan haji maka akan datang mereka dengan berjalan kaki dan naik onta dari daerah yang jauh supaya mereka menyaksikan manfaat-manfaat bagi mereka” (Q.S Al Hajj : 27-28).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar